Kamis, 13 Februari 2020

Kisi-Kisi Penilaian Disruptive Innovations

Disruptive Innovation merupakan suatu inovasi yang dilakukan  dengan tujuan untuk memberikan perubahan yang lebih efisien dan efektif dalam kehidupan manusia. Perubahan ini ditandai dengan perkembangan teknologi yang masif dalam kehidupan. Pada bidang pendidikan, disruptive innovation sangat penting untuk diterapkan agar proses pendidikan dapat berlangsung lebih efektif dan efisien, terutama dalam hal waktu pembelajaran.
Berikut 3 aspek yang menjadi fokus pada disruptive innovation yaitu technological features (pemanfaatan teknologi), Marketplace Dynamics (dinamika pasar/dinamika kebutuhan belajar dikelas), dan external environment (lingkungan eksternal).





1. Technological Features (pemanfaatan teknologi)
Pada disrupsi inovasi pemaanfaatan teknologi sangat penting untuk dilakukan dalam pembelajaran, karena dengan pemanfaatan teknologi ini pembelajaran dapat berlangsung lebih efektif dan efisien. Pada aspek yang pertama ini terdapat 5 indikator yaitu integrasi, leadership (pengelolaan kelas), maturity (kemahiran), diffusivity (penyederhanaan konsep), simplification (membuat ringkasan).

2. Marketplace Dynamics (Dinamika Pasar/dinamika kebutuhan belajar dikelas pada pembelajaran)
Pada disrupsi inovasi sangat menekankan pada pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar dikelas, maksudnya adalah harus dilakukan inovasi dalam pembelajaran sehingga proses pembelajaran dapat disesuaikan dengan kondisi yang ada di tiap daerah. Aspek ini terdiri dari 3 indikator yaitu niche market atau kebutuhan belajar kelompok tertentu karena kebutuhan belajar tiap daerah berbeda-beda sesuai dengan tuntutan dan kemampuan tiap daerah, value network (kolaborasi), dan cost reduction (pengurangan biaya).

3. External Environtment (lingkungan eksternal)
Selain pemanfaatan teknologi dan dinamika kebutuhan belajar, lingkungan ekternal juga menjadi aspek yang penting dalam disrupsi inovasi seperti policy (kebijakan) dan macroeconomics (makroekonomi / berpengaruh terhadap kesejahteraan masyarakat).

Permasalahan: apa yang harus dibenahi dan di optimalkan dalam pendidikan kita saat ini sehingga disrupsi inovasi pada pendidikan dapat lebih efektif penggunaannya dengan harapan nantinya kualitas pendidikan di negara ini dapat lebih baik lagi dari waktu ke waktu. 

21 komentar:

  1. Pada aspek market place dinamics, faktor2 pendukung apa saja yang dapat diterapkan pada proses pembelajaran? apakah mempermudah peserta didik untuk memahami aspek2 tsb?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pada asapek marketplace dynamics, 3 indikator yang menjadi perhatian yaitu niche market atau kebutuhan belajar kelompok tertentu karena kebutuhan belajar tiap daerah berbeda-beda sesuai dengan tuntutan dan kemampuan tiap daerah, value network (kolaborasi), dan cost reduction (pengurangan biaya).
      kegiatan yang perlu dialakukan adalah merumuskan dengan baik masing masing indikator tersebut sehingga peserta didik dapat mengikuti pembelajaran dengan baik.

      Hapus
    2. penjelasan yang saudara sampaikan cukup jelas dengan berbagai aspek tsb.

      Hapus
  2. Menurut anda, bagaimana keterkaitan ketiga aspek tersebut dalam penilaian destruktif inovasi? apakah setiap faktor dari masing-masing aspek mempengaruhi ketercapaian indikator yang lain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar sekali, setiap aspek saling berkaitan. contonya yaitu aspek value network (kolaborasi) antar siswa dapat lebih mudah untuk dinilai jika siswa memanfaatkan penggunaan teknologi video YouTube sehingga tidak ada item yang terlewat.

      Hapus
  3. Pada indikator policy, Kebijakan seperti apa yang dapat ditarik menjadi sebuah instrumen penilaian atau kisi-kisi soal pada pembelajaran kimia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. policy adalah kebijakan dalam pembelajaran atau kemerdekaan dalam pembelajaran pada penerapan dalam pembelajaran dapat diterapkan kita dapat membuat suatu kebijakan seperti siswa dapat mencari informasi melalui berbagai sumber, dapat dilihat pada blok ini https://windykartika07.blogspot.com/2020/02/instrument-penilaian-disruptive.html

      Hapus
    2. terimakasih windy karena sudah membantu menjawab, bagaimana agustiningsih apakah sudah jelas?
      contoh lain yang dapat dilakukan adalah dengan membebaskan peserta didik untuk belajar dengan cara yang mereka suka dan tidak terbatas pada metode teretentu. misalnya peserta didik dapat belajar dari fenomena fenomena yang ada dikehidupan yang relevan dengan materi pembelajran.

      Hapus
  4. Apakah indikator pada penilaian disruptiv ini bisa diadopsi untuk sekolah - sekolah terpencil ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya kurang optimal kk, terutama pada aspek teknologi mengingat sarana dan prasarana kurang memadai

      Hapus
  5. Bagaimana cara anda mengimplementasikan indikator tersebut ke dalam pembelajaran matematika sesuai dengan kurikulum yang berkembang saat ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk implementasinya dilakukan dengan merumuskan terlebih dahulu masing masing indikator dalam bentuk kisi kisi dan instrumen dan merancang pembelajaran sesuai dengan aspek tersebut

      Hapus
  6. Peniliaan Disruptive memang hal baru bagi kita, saya ingin bertanya mengenai kesulitan dalam menyusun kisi-kisi ini dalam pembelajaran kimia. Terdapat dimana saja kesulitan-kesulitan dalam penyusunan instrumen peniliaan Disruptive ini dalam pembelajaran kimia?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kesulitan yang dihadapi adalah pada proses pencarian inspirasi dan merumuskan nya dalam bentuk rancangan pembelajaran yang harus disesuaikan dengan karakteristik materi dan tujuan pembelajaran yang harus dicapai.

      Hapus
  7. Bagaimana keterkaitan antar indikator disruptive innovation pada penerapannya dalam pembelajaran kimia? dan apakah terdapat syarat dalam penerapan indikator-indikator tersebut, agar dapat diterapkan dengan baik?

    BalasHapus
    Balasan
    1. setiap aspek saling berkaitan. contonya yaitu aspek value network (kolaborasi) antar siswa dapat lebih mudah untuk dinilai jika siswa memanfaatkan penggunaan teknologi video YouTube sehingga tidak ada item yang terlewat.

      Hapus
  8. Dalam penerapan aspek-aspek disruptiv inovasi, apa saja hal-hal yang dapat mendukung ketika menerapkan aspek-aspek tersebut?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sarana dan prasarana, kemampuan guru, kemampuan siswa dan perancangan pembelajaran dengan baik

      Hapus
  9. selain ketiga aspek penilaian disruptive inovasi yang sudah dijelaskan diatas, bagaimana pengaruh indikator kognitif yang berhubungan dengan tingkat berpikir siswa pada penyusunan penilaian disruptive inovasi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. indikator kognitif seperti apa yang sinda maksud disini sinda? mohon dijelaskan lebih spesifik pertanyaanya.

      Hapus
    2. Mungkin maksud sinda, hubungan antara indikator pada kognitif dengan ketiga i dikator disruptive innovation. Apakah ketiga indikator diatas sudah mencakul indikator kognitif

      Hapus