Pada postingan sebelumnya telah dijelaskan secara singkat mengenai aspek-aspek pada disrupsi inovasi yang terdiri dari 3 aspek yaitu pemanfaatan teknologi, dinamika kebutuhan belajar dikelas dan lingkungan eksternal.
Pada postingan kali ini akan dibahas secara khusus mengenai aspek yang kedua yaitu dinamika kebutuhan belajar dikelas indikator value network. Value network pada pembelajaran diartikan sebagai kolaborasi yang saling menguntungkan antar siswa (simbiosis mutualisme). Kolaborasi yang dilakukan dapat berupa kerjasama siswa dalam kelompok-kelompok pembelajaran tertentu untuk mencapai tujuan pembelajaran. Sehingga masing-masing siswa memiliki tanggungjawab dan peran masing-masing dalam pembelajaran.
Selain itu tujuan dari kolaborasi ini agar siswa dapat mengkonstruk pengetahuan melalui dialog dan saling berbagi informasi antar siswa sehingga pemahaman siswa pada konsep pembelajaran lebih matang dan pembelajaran lebih efisien.
Berikut kisi-kisi disrupsi inovasi pada aspek dinamika kebutuhan belajar dikelas pada aspek value network (kolaborasi).
Aspek
|
Indikator
|
Deskripsi
|
|
Marketplace Dynamics (Dinamika Kebutuhan Belajar di Kelas)
|
Value Network (Kolaborasi)
|
|
No.
|
Indikator
|
Deskripsi
|
Item
Soal
|
Jawaban
|
1.
|
Value Network (Kolaborasi)
|
Value
network pada pembelajaran diartikan sebagai kolaborasi yang saling
menguntungkan antar siswa (simbiosis mutualisme). Kolaborasi yang
dilakukan dapat berupa kerjasama siswa dalam kelompok-kelompok pembelajaran
tertentu untuk mencapai tujuan pembelajaran.
|
Berdasarkan video tersebut, lakukakan lah percobaan uji daya hantar listrik suatu larutan dan buatlah dalam bentuk video bersama kelompok kalian masing-masing (upload ke youtube).
Selanjutnya Klasifikasikanlah mana yang merupakan larutan elektrolit kuat, elektrolit lemah dan non-elektrolit berdasarkan hasil percobaan yang telah dilakukan. |
1. Link video percobaan elektrolit dan non-elektrolit.
2. Analisis hasil percobaan. |
Hasil Uji Coba:
https://www.youtube.com/watch?v=qKH0krdRINY
Selanjutnya dinilai value network (kolaborasi) masing-masing siswa berdasarkan video tersebut, diperolehlah hasil penilaian sebagai berikut:
Keterangan:
CA ; Cukup Aktif ; Skor 3
Percobaan
|
Ahmad
Mudasir
|
Nurcahyadi
|
||||||||
TA
|
KA
|
CA
|
A
|
SA
|
TA
|
KA
|
CA
|
A
|
SA
|
|
Asam Klorida (HCl)
menit
2:16
|
V
|
V
|
||||||||
Etanol (C2H6O)
menit
3:19
|
V
|
V
|
||||||||
Aquadest (H2O)
|
V
|
V
|
Keterangan:
TA ; Tidak Aktif ; Skor 1
KA ; Kurang Aktif ;
Skor 2CA ; Cukup Aktif ; Skor 3
A ; Aktif ;
Skor 4
SA ; Sangat Aktif ; Skor 5
Pada daerah terpencil dengn keterbatasan fasilitas pendidikan yang ada, bagaimana menyesiasatin agar aspek tersebut juga dapat diterapkan dengan mudah?
BalasHapusmenurut saya aspek ini tetap dapat diterapkan di daerah terpencil kak, karena yang dilihat adalah kolaborasi atau kerjasama masing-masing siswa.
Hapusapakah sarana dan prasarana juga mempengaruhi keterlaksanaan aspek ini??
Hapusmenurut anda bagaimana ketercapaian indikator ini dalam pembelajaran kimia secara destruktif inovasi di berbagai sekolah?
BalasHapusmenurut saya aspek ini masih belum diamati secara intens oleh guru karena biasanya guru lebih kepada kognitif siswa atau pemahaman konsep siswa
Hapusjika anda menggunakan aplikasi pembelajaran tertentu, bagaimana cara anda memantau kegiatan peserta didik (yang melihat postingan anda ataupun yang tidak melihat)? selain itu, bagaimana cara anda menilai kerja sama atau kolaborasi siswa didalam kelompoknya?
BalasHapushal tersebut dapat diatasi dengan menanyakan kepada siswa apakah mereka sudah memahami postingan tsb, penilaian kolaborasi atau kerjasama siswa dilakukan dengan merumuskan terlebih dahulu kegiatan apa saja yang dilakukan siswa, kemudian diamati masing masing siswa apa yang mereka lakukan sehingga kolaborasi atau kerjasama siswa dapat diketahui
HapusApakah dalam penerapannya indikator value network beketerkatian dengan indikator lainnya? Dan bisakah anda menjelaskan cara penilaian value network yang terjadi pada uji coba yang ada lakukan
BalasHapusiya berkaitan, karena disini saya juga memanfaatkan teknologi yaitu YouTube untuk menilai kolaborasi siswa. penilaian kolaborasi atau kerjasama siswa dilakukan dengan merumuskan terlebih dahulu kegiatan apa saja yang dilakukan siswa, kemudian diamati masing masing siswa apa yang mereka lakukan sehingga kolaborasi atau kerjasama siswa dapat diketahui
Hapusdalam penerapan indikatr ini invasi apa yang dapat membuat siswa berkembang dalam pembelajaran ?
BalasHapusinovasi yang diterapkan yaitu:
Hapus1. penggunaan teknologi YouTube sebagai sarana pembelajaran
2. penilaian kolaborasi/kerjasama siswa yang merupakan aspek yang sangat penting harus dimiliki siswa dalam kehidupannya menginga aspek ini masih kurang pengamatannya pada proses pemebelajaran
Bagaimana cara anda dalam meningkatkan kolaborasi peserta didik dikelas, inovasi apa yang dapat dikembangkan?
BalasHapusdapat dilakukan dengan meningkatkan solidaritas, sikap saling menghargai dan saling membantu pada percobaan atau praktikum
HapusMenurut saya untuk meningkatkan kolabirasi antar siswa, dapat dilakukan dengan membiasakan siswa berdiskusi atau bekerja dalam kelompok. Namun peran guru sangat dibutuhkan juga dalam diskusi atau mengamatai kerja kelompok agar tidak hanya segelintir siswa yang terlibat aktif dalam diskusi atau berkelompok
HapusSecara singkat dan jelas, Bisakah anda memberikan makna atau definisi dari aspek Value Network yang ada kerjakan ini.
BalasHapuskerjasama yang saling menuntungkan
HapusApakah terdapat kriteria atau syarat tertentu dalam penerapan indikator value network dalam pembelajaran kimia di sekolah?
BalasHapusindikator ini dapat diterapkan dengan pembelajaran kooperatif dan siswa dubuat perkelompok karena yang menjadi fokusnya yaitu kerjasama siswa
HapusApa saja manfaat indikator value network dalam pembelajaran?
BalasHapus1.waktu lebih efisien karena masing masing siswa berperan dalam pembelajaran.
Hapus2.afektif antar siswa dapat lebih baik karena mereka harus berkolaborasi (teamwork)
Selain dua manfaat itu, saya berpendapat bahwa value network juga berperan penting untuk melatih siswa sebelum masuk ke dunia kerja. Karena dunia kerja saat ini sangat membutuhkan value network.
Hapusjelaskan hakikat dari kolaborasi? apa pentingya berkolaborasi dalam pembelakajaran?
BalasHapushakikat dari kolaborasi yaitu kerjasama yang saling menguntungkan antar siswa, tujuannya yaitu agar pembelajaran lebih efisien dalam pelaksanaannya sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal.
HapusApa bentuk kolaborasi belajar yang anda terapkan pada penilian disruptiv ini ?
BalasHapuskolaborasi yang diterapkan yaitu pada percobaan larutan elektrolit dan non-elektrolit setiap siswa memiliki perannya masing-masing dalam melakukan percobaan, sehingga pembelajaran lebih efektif dan efisien.
Hapus