Setidaknya ada tiga alternatif utama strategi dalam proses pendidikan di sekolah saat ini yaitu Heutagogy, Peeragogy, dan Cybergogy. Strategi pendidikan yang pertama yaitu heutagogy. Heutagogy ini merupakan strategi mendidik siswa yang mendorong mereka untuk memiliki keterampilan mengarahkan diri.
Strategi pendidikan kedua, yakni Peeragogy. Peeragogy ini adalah strategi pendidikan yang membiasakan siswa untuk terlatih fokus pada belajar bekerjasama dan mencipta bersama-sama.
Strategi yang ketiga, ialah cybergogy. Cybergogy ini merupakan strategi pendidikan yang mendorong para pembelajar untuk terlibat dalam lingkungan belajar dalam jaringan. Lingkungan Online, serba terkoneksi, kini telah menjadi keseharian dari kehidupan para siswa. Media komunikasi dan interaksi, suka tidak suka kini telah beralih dari bentuk fisik ke bentuk maya.
Video Pembelajaran: https://www.youtube.com/watch?v=_NPpWNh7Aug&feature=youtu.be
Video Pembelajaran: https://www.youtube.com/watch?v=_NPpWNh7Aug&feature=youtu.be
Berikut instrumen penilaian cybergogy dan hasil uji cobanya menggunakan video pembelajaran diatas pada materi ikatan kimia:
Kriteria Penilaian:
Skor 1: Kurang Baik
Skor 2: Cukup Baik
Skor 3: Baik
Berdasarkan hasil uji coba yang telah dilakukan dengan video percobaan diatas diperoleh skor yaitu 10, kemudian didapatkan rata-rata skor yaitu 2, maka dapat diperoleh kesimpulan pembelajaran ini termasuk dalam kriteria cukup baik.
Daftar Pustaka:
https://birunialkindi.blogspot.com/2018/08/heutagogy-peeragogy-cybergogy.html
Kriteria Penilaian:
Skor 1: Kurang Baik
Skor 2: Cukup Baik
Skor 3: Baik
Berdasarkan hasil uji coba yang telah dilakukan dengan video percobaan diatas diperoleh skor yaitu 10, kemudian didapatkan rata-rata skor yaitu 2, maka dapat diperoleh kesimpulan pembelajaran ini termasuk dalam kriteria cukup baik.
Daftar Pustaka:
https://birunialkindi.blogspot.com/2018/08/heutagogy-peeragogy-cybergogy.html
tolong jelaskan secara singkat bagimana contoh penerapan cybergogy dalam pembelajaran?
BalasHapusIzin Membantu jawab dari pertanyaan kak shinda,
HapusCybergogy ini merupakan strategi pendidikan yang mendorong para pembelajar untuk terlibat dalam lingkungan belajar dalam jaringan. cybergogy contohnya penggunaan berbagai macam media digital daring dalam proses pembelajaran, yang kita kenal umumnya seperti:
1. PPT (paling minim)
2. Virtual Lab atapun
3. Komik Elektronik
benar sekali yang dikatakan rahmat, contoh penerapan cybergogy dalam pembelajaran yaitu memfasilitasi siswa dengan berbagai sumber belajar digital yang relevan dengan materi.
Hapuscontoh lainnya adalah melakukan pembelajaran kooperatif dengan meminta siswa melakukan diskusi baik secara langsung dikelas maupun secara online.
kendala apa saja yang menjadi penghambat dalam penerapan dari semua indikator?
BalasHapuskendala yang terjadi ketika menereapkan indikator-indikator tersebut yaitu:
Hapus1. kurangnya sarana dan prasarana disekolah.
2. minimnya kemampuan guru
Apabila kendala utamanya pada kurangnya sarana dan prasarana, bagaimana satan anda agar guru dapat mengatasinya?
Hapuscontoh kurangnya sarana yaitu tidak adanya komputer dan infokus disekolah, hal ini bisa diatasi dengan cara memanfaatkan smartphone untuk proses belajar mengajar. bahan pembelajaran dapat dibagikan pada masing masing siswa melalui smartphone mengingat rata-rata siswa sudah menggunakan smartphone. namun apabila sarana yang lain seperti tidak tersedianya akses internet dan listrik di daerah tertentu mungkin guru harus menerapkan proses belajar yang berbasis kontekstual.
Hapusapakah semua indikator mengenai cybergogy yang anda buat dapat diterapkan dalam pembelajaran kimia?
BalasHapusdapat diterapkan dengan syarat guru harus bisa merancang pembelajaran dengan baik sehingga semua indikator terdapat pada proses pembelajaran.
Hapusuntuk indikator "belajar mandiri berbantuan tekhnologi digital,apa yang harus diperhatikan pendidik dalam menyiapkan sumber belajar ?
BalasHapushal yang harus dilakukan adalah guru harus bisa memfasilitasi siswa dengan berbagai sumber belajar digital yang bisa digunakan pada proses pembelajaran.
HapusSelain indikator-indikator cybergogy, hal lain apa yang menjadi pertimbangan dalam merumuskan keterampilan membelajarkan pada materi kimia yang anda pilih?
BalasHapuskarakteristik materi, dan guru harus bisa merumuskan pembelajaran yang menekankan pada pembentukan skill yang harus dimiliki siswa pada kehidupannya
Hapuspa kendala dan kesulitan yang anda alami saat membuat dan mengembangkan kisi-kisi instrumen diatas? Dan indikator mana yang menjadi hambatan untuk anda dalam merancang kisi-kisi tersebut
BalasHapuskendala yang dihadapi adalah dalam merumuskan keterampilan membelajarkan, khususnya pada indikator sosial karena berkaitan dengan identitas diri dan konteks sosial budaya siswa
HapusSalah satu indikator dalam aspek cybergogy adalah Prosea belajar kolaborasi,dalam implementasi nya bagaimana cara guru agar pembelajaran yang nantinya dilakukan menyesuaikan dengan perkembangan zaman, yakni menggunakan pembelajaran berbasis teknologi dan indikator dari aspek cybergogy ini tercapai?
BalasHapusproses belajar kolaborasi ini dapat dilakukan oleh siswa melalui proses diskusi pada portal online seperti blog, google classroom, edmodo dan lain-lain, mengingat perkembangan teknologi yang semakin pesat.
HapusDari semua indikator, indikator manakah yang paling sulit untuk diterapkan?
BalasHapussemua indikator bisa diterapkan dengan efektif asalkan guru memahami setiap indikator dengan baik.
HapusMenurut anda hal apa yg kira2 harus dikuasai guru agar dpt menerapkan ketrampilan cybergogy ini dlm pembelajaran kimia?
BalasHapus1. guru harus memahami dan menjabarkan setiap indikator dengan baik
Hapus2. guru memiliki kemampuan dalam hal penggunaan teknologi yang akan diterapkan pada proses pembelajaran nantinya.